Harga Tiket Masuk Wisata Alam Puncak Indah Kayangan

Kawasan yang termasuk padat penduduk, siapa sangka wisata alam menawarkan keindahan alam luar biasa. Anda bisa datang kemari bersama keluarga atau teman untuk refreshing menghilangkan penat. Apa yang dapat ditemukan di sini? Yuk intip.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Indah Kayangan

1. Indahnya Malam Hari di Kolaka
Berada di ketinggian sekitar 90 meter di atas permukaan laut yang terletak di sebuah bukit di Kelurahan Sea, wisata Puncak Indah Kayangan memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan Kolaka dengan jelas.

Sejauh mata memandang, anda dapat melihat hijaunya daerah penghasil kako terbesar di Indonesia tersebut. Dari kejauhan slot triofus bahkan terlihat pemandangan laut dan gunung yang begitu memesona.

Sementara pada malam hari, keindahannya semakin luar biasa berkat lampu-lampu rumah penduduk yang mulai menyala. Sementara di destinasi wisata alam ini terdapat tulisan ‘Kolaka’ raksasa yang juga menyala terang, terlihat sangat cantik.

2. Bangunan Mitigasi Bencana
Puncak Indah Kayangan Wakatobi bukan hanya sekadar tempat di atas bukit, namun di sini dibangun sebuah taman serta bangunan mitigasi bencana.

Bangunan tersebut dibangun sebagai upaya mitigasi struktural untuk merespon bencana, dengan anggaran sebanyak Rp. 5 miliar dari APBN.

Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2021 silam, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahap dua di Kolaka. Lokasi tersebut kemudian dimanfaatkan pula sebagai sarana rekreasi baru bagi masyarakat Kolaka, terutama yang berada di Kelurahan Sea dan Sakuli.

Bangunan mitigasi bencana yang didirikan di sini menurut informasi dapat menampung sebanyak 1.800 orang sekaligus.

3. Suasana Tenang dengan Udara Sejuk
Sulawesi Tenggara yang berada di dataran rendah dan memiliki banyak pantai memang terkenal panas, tidak terkecuali daerah Kolaka. Namun bukan berarti anda tidak bisa menikmati udara sejuk di sini.

Jika butuh refreshing menikmati alam yang sejuk, anda bisa datang ke Puncak Indah Kayangan di Waktobi. Berada di atas bukit membuat area taman ini punya suhu udara yang tidak terlalu panas dan cukup sejuk.

Apalagi jika anda datang pada pagi hari atau malam hari, udaranya akan terasa dingin. Bukan hanya itu, namun suasana sekitar yang tenang juga membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk bersantai menghilangkan penat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Puncak

Puncak Indah terletak di sebuah bukit di Kelurahan Sea, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Dari ibu kota kabupaten, jaraknya hanya 6,5 km atau membutuhkan kurang lebih 13 menit perjalanan.

Dan dari dasar bukit, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk sampai ke kawasan wisata Puncak Indah Kayangan. Akses jalannya sudah bagus, mulus, dan juga lebar sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Akan tetapi, pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam keadaan prima karena kondisi jalannya menanjak. Selain itu, anda perlu membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan terlebih dahulu karena tidak ada transportasi umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam
Jika mencari destinasi wisata murah di Kolaka, maka Puncak Indah Kayangan di Wakatobi ini adalah solusinya. Pasalnya para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, cukup bayar parkir Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Biaya parkir tersebut sudah termasuk tiket masuknya, jadi anda dapat menikmati area taman sepuasnya tanpa ada biaya tambahan lagi.

Pengunjung bebas datang kapan saja setiap hari, namun batas berkunjung pada pukul 23.30 WITA. Batas waktu berkunjung ini diberlakukan guna mencegah masyarakat menggunakan tempat ini untuk melakukan hal-hal tidak senonoh.

Bagi para pecinta fotografi, Puncak Indah Kayangan punya banyak sudut Instagramable yang dapat digunakan untuk berburu foto ciamik.

Apalagi keindahan alamnya di sekitar begitu rupawan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang foto. Anda bisa mengambil foto dengan background Desa Sakuli dari kejauhan yang di sekitarnya dikelilingi perbukitan dan masih banyak lagi.

Adapun spot foto paling populer yaitu di depan tulisan ‘Kolaka’ berukuran raksasa yang dibangun di lokasi. Terutama pada malam hari, karena tulisan tersebut dilengkapi lampu LED yang akan menyala terang.

Bersantai Menikmati Pemandangan di Puncak Indah Kayangan
Meskipun tidak melakukan banyak kegiatan berarti, sekadar duduk bersantai di Puncak Indah Kayangan menjadi hal favorit bagi banyak orang.

Terutama di akhir pekan, terlihat banyak warga setempat yang datang bersama keluarga atau teman kemari. Keindahan alamnya yang rupawan memang dapat menjadi sarana untuk refreshing menghilangkan stres dari pekerjaan sehari-hari.

Wisata Kuliner
Sebelum sampai di taman Puncak Indah Kayangan Wakatobi, anda akan melewati banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Warung-warung tersebut berjejer di kiri dan kanan, sehingga anda bisa mampir sejenak untuk melakukan wisata kuliner.

Bahkan tidak sedikit yang menjual makanan khas daerah setempat. Jadi wisatawan yang berasal dari luar daerah, tentu tidak boleh melewatkannya.

SHARE NOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *